Cara Menambah Ram Android Via Aplikasi Swapper

Cara menambah RAM Android ialah sebuah langkah yang sanggup dilakukan pada kebanyakan smartphone Android (tidak semua) untuk meningkatkan kapasitas memori RAM. RAM atau Random Access Memory merpakan bab yang sangat penting dari sebuah perangkat komputasi. Komponen RAM berkerja secara berdampingan dengan processor, sebagai pendukung kinerja. Prinsip kerjanya, RAM merupakan daerah penyimpanan data sementara sebelum data masuk dan diolah oleh processor. Seringkali untuk beberapa smartphone Android kapasitas RAM yang ter-install relatif kecil. Kapasitas RAM yang terlalu penuh sanggup berakibat ada tidak masimalnya kinerja sebuah smartphone. Berbeda dengan komputer desktop/ laptop dimana kita sanggup mengganti komponen RAM dengan yang berkapasitas lebih besar, komponen RAM pada smartphone tidak sanggup diganti sesuka hati pengguna. Lalu bagaimana cara mengatasi RAM yang kepenuhan? Nah, pada goresan pena ini penulis akan membahas mengenai cara menambah RAM Android memakai aplikasi Swapper
 

Cara Menambah RAM Android via Aplikasi Swapper



Karena kita tidak sanggup mengganti komponen RAM pada smartphone dengan komponen RAM yang lebih tinggi kapasitasnya, maka salah satu cara menambah RAM Android ialah dengan memakai Memory Virtual. Bagi sahabat yang sudah familiar dengan Memory Virtual pada PC desktop/ laptop, prisip kerja memory virtual pada smartphone Android ini sama saja. Pada smarthphone Android kita akan memakai beberapa space pada memori eksternal untuk dipakai sebagai space perhiasan RAM. Untuk sanggup melaksanakan hal ini, sahabat memerlukan aplikasi Swapper. Berikut langkah-langkah memakai Aplikasi RAM Swapper Android:
  1. Download dan Instal Aplikasi Swapper (link download: http://www.4shared.com/file/u31euvFg/orgazasoftswapperv17.html atau sahabat sanggup mencari sendiri)
  2. Buka aplikasi Swapper yang sudah di-install    
  3. Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  4. Di bab Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
  5. Di bab Swap File Size, masukkan space yang sahabat inginkan untuk digunakansebagai virtual memori, contohnya saja 1000MB.
  6. Simpan konfigurasi.
PERINGATAN!!!
Tidak semua perangkat Android mendukung Aplikasi Swapper ini. Ada beberapa device yang tidak support dengan Aplikasi Swapper ini dan sanggup berakibat device menjadi brick. Makara pastikan terlebih dahulu smartphone Android sahabat sudah mendukung aplikasi Swapper.

Jika aplikasi Swapper masih belum cukup untuk meningkatkan kinerja RAM smartphone Android sobat, Sobat Androbana sanggup mencoba dua opsi berikut ini:

Cara Menambah RAM Android: Install Aplikasi SD Booster

Untuk sanggup menjalankan fungsi Swap RAM, SD card atau microSD yang dipakai haruslah microSD yang mempunyai kualitas tinggi (nilai Write/Read tinggi). Akan lebih baik kalau sahabat memakai paling tidak microSD class 10 dari merek yang terpercaya. Akan tetapi kalau sahabat tidak mempunyai micoSD dengan kemampuan Read/ Write yang baik, sahabat sanggup mencoba aplikasi SD Booster. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan SD card dengan cara menaikan kecepatan Write dan Read. Berikut cara mengkonfigurasi Aplikasi SD Booster:

  1. Download Aplikasi SD Booster, kemudian install (link download: http://www.4shared.com/android/2hwu6-kK/Sd_Booster_v151.html atau sahabat sanggup mencari sendiri)
  2. Buka aplikasi SD Booster
  3. Pada isian Cache Size isikan nilai cache yang diinginkan. Nilai cache yang direkomendasikan ialah 1024 kb atau 2048 kb. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) mengatakan nilai cache yang dipakai dikala ini.
  4. Check Set On Boot, fungsinya biar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.
Dan kini SD card sahabat sudah siap. Oiya sobat, Aplikasi SD Booster ini juga sangat bermanfaat dikala sahabat bermain game, memainkan musik atau video dan lain sebagainya, alasannya ialah aplikasi ini menyerupai yang kami bilang sebelumnya sanggup meningkatkan kinerja SD card yang sahabat miliki.

Cara Menambah RAM Android: Install Juwe RAM Script

Selanjutnya untuk semakin meningkatkan kinerja RAM yang sahabat miliki, sahabat Androbana sanggup meng-install Juwe RAM Script. Untuk sanggup menginstall script ini tentu saja Android sahabat sudah terpasang folder init.D. Pengaplikasian script RAM ini sangat gampang yaitu:
  1. Download file Juwe RAM Script. (link download: http://qfs.mobi/f583182 atau sahabat sanggup mencari sendiri)
  2. Ekstrak file tersebut.
  3. Copy-kan file script tersebut ke folder init.D di folder System/etc.
  4. Ganti permission menjadi rwxr-xr-x.
  5. Reboot device Android sobat
  6. Tada.. Setelah langkah terakhir selesai dilakukan, seharusnya perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa mengetesnya dengan memainkan game-game berat menyerupai game-game HD.

PERINGATAN!!!
Tidak semua device Android mendukung penggunaan script RAM ini.

Jika sahabat kesulitan meng-install Juwe RAM Script, sahabat sanggup mencoba aplikasi RAM Manager Pro yang lebih kondusif dan gampang tentunya. Sobat sanggup melaksanakan konfigari sesuai impian sahabat dan yang berdasarkan sahabat paling cocok untuk diterapkan pada device Android Sobat. Aplikasi RAM Manaeger Pro merupakan aplikasi berbayar di Play Store. Namun kini sudah banyak yang menyediakan link download gratis aplikasi ini, silahkan Googling :)

Itu tadi langkah-langkah Cara Menambah RAM Android via Aplikasi Swapper. Apabila sahabat menemukan kesulitan, sahabat sanggup diskusikan pada kotak komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambah Ram Android Via Aplikasi Swapper"

Posting Komentar