Akhir Tahun Ini Wajib Gunakan E-Toll, Inilah 4 Manfaatnya

Akhir Tahun Ini Wajib Gunakan E-Toll, Inilah 4 Manfaatnya
Akhir Tahun Ini Wajib Gunakan E-Toll, Inilah 4 Manfaatnya

Pelaksanaan GNNT dengan sistem e-Toll yang sudah dimulai sejak 31 Oktober 2017 lalu merupakan ketentuan dari Bank Indonesia, bukan dari pihak Jasa Marga yang merupakan salah satu pelaksana GNNT. Berdasarkan sistem, pihak pelaksana tidak memperoleh keuntungan dengan diberlakukannya gerbang tol otomatis.

Saat ini, Jasa Marga menjadi Top of Mind dari masyarakat, yaitu masyarakat beranggapan bahwa seluruh jalan tol adalah milik Jasa Marga. Hal ini justru tidak. Jasa Marga adalah salah satu dari 22 operator BUJT (Badan Usaha Jalan Tol). Terlepas dari persepsi masyarakat tersebut, inilah 4 manfaat sistem e-Toll yang dapat diterima oleh masyarakat.


  • Tidak Perlu Antre Panjang

Antrian panjang yang biasa terjadi saat pembayaran atas penggunaan jalan tol bisa dihindari dengan pemberlakuan sistem e-Toll. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih nyaman dalam berkendara. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan administrasi pembayaran tidak akan lama, karena lancar, tanpa antre.


  • Tidak Perlu Membawa Uang Tunai Berlebih

Pembayaran secara non tunai akan memudahkan Anda untuk tidak perlu repot lagi membawa uang tunai berlebih. Cukup dengan membawa uang tunai secukupnya. Lagipula, Anda tak perlu sibuk mengantongi uang kembalian dari pembayaran tunai. Hal ini merupakan salah satu efektivitas dari GNNT.

  • Proses Lebih Efektif

Selain efektif dari segi waktu dan tempat, proses dalam sistem pembayaran non tunai juga terbilang efektif. Sistem pembayaran non tunai yang berlaku pada GTO (Gerbang Tol Otomatis) bisa memberikan proses yang efektif, karena lebih cepat dan praktis. Sistem e-money ini tidak membutuhkan waktu lama.


  • Tidak Repot Menghitung Uang Kembalian

Saat menggunakan sistem pembayaran tunai, uang yang digunakan untuk membayar penggunaan jalan tol adalah uang pas dengan nominal yang harus dibayarkan. Jika hal ini terjadi, tentu ada uang kembalian. Petugas atau pengguna jalan menjadi kerepotan ketika mengurus mengenai uang kembalian ini.

Dengan sistem pembayaran non tunai, maka saldo yang ada di kartu elektronik secara otomatis terpotong sesuai jumlah yang harus dibayarkan, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang kembalian.
Setiap sistem pasti punya manfaat. Sama halnya dengan sistem pembayaran non tunai untuk penggunaan jalan tol yang mempunyai 4 manfaat di atas. Secara umum, penggunaan e-Toll merupakan sistem pembayaran yang efektif dari segi waktu, biaya, serta fungsi. Hal ini merupakan suatu terobosan baru dalam sistem pembayaran atas penggunaan jalan tol.

Dalam pengelolaannya, Jasa Marga merupakan salah satu bagian dari milestone GNNT dari BI atas pemberlakuan pembayaran non tunai di GTO. Saat ini, pengelola jalan tol termasuk pihak Jasa Marga sudah bekerja sama dengan bank penerbit e-card, baik dari bank pemerintah, maupun swasta, sehingga Anda bisa memilih jenis e-card yang akan digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akhir Tahun Ini Wajib Gunakan E-Toll, Inilah 4 Manfaatnya"

Posting Komentar