Mengenal Macam-Macam Gpu Android

Macam-macam GPU Android - Sebagai pengguna device Android tentu kita sering mendengar atau membaca wacana spesifikasi sebuah smartphone yang menyebutkan mengenai GPU yang digunakan bersamaan dengan prosesor apa yang dipakai. Iya tidak? Ada smartphone yang memakai GPU Adreno, ada yang memakai PowerVR, Mali dan sebagainya. Pada goresan pena ini, Androbana ingin membahas mengenai jenis atau macam-macam GPU Android yang banyak digunakan oleh smartphone-smartphone Android yang penulis dan sahabat pakai. Mari kita simak ulasannya berikut ini:



GPU Android merupakan salah satu hardware/ komponen utama pendukung performa sebuah smartphone. GPU yaitu singkatan dari Graphic Processing Unit. Fungsi dari GPU pada smartphone sama atau tidak jauh berbeda dengan VGA card yang kita kenal pada Personal Computer (PC). Saat ingin membeli sebuah smartphone sebaiknya sahabat juga mempertimbangkan mengenai jenis dan spesifikasi GPU yang digunakan oleh smartphone tersebut. GPU yang baik akan membantu kerja prososor dalam mengolah dan menampilkan data-data grafis. Semakin tinggi kualitas GPU yang digunakan pada sebuah smartphone maka semakin anggun smartphone tersebut menjalankan banyak sekali aplikasi atau game dengan tampilan grafis yang tinggi.


 Sebagai pengguna device Android tentu kita sering mendengar atau membaca wacana spesifik Mengenal Macam-macam GPU Android

Macam-Macam GPU Android yang Paling Sering Dipakai


1.  Adreno
GPU Android Seri Adreno merupakan graphic processing unit buatan ATI. Jika sahabat suka dengan komputer niscaya tau dengan nama besar satu ini. ATI kini sudah menjadi anak perusahaan AMD yang dulu disebut dengan seri ATI Imageon, sekitar tahun 2002-2004 yaitu pada awal-awal keluarnya seri GPU ini. Selanjutnya pada tahun 2008, AMD Imageon di jual ke salah satu produsen prosesor mobile terkemuka dunia, yaitu Quallcom. Sekarang ATI/AMD hanya berperan dalam men-support arsitektur dan pengembangan GPU Adreno saja. Seri Adreno merupakan bawaan dari semua SOC (System On Chip) buatan Quallcom atau secara sederhana, semua smartphone yang memakai chipset Qualcomm niscaya mengusung GPU Adreno.

2. PowerVR
GPU Android PowerVR merupakan chip grafis buatan Video Logic. Video Logic dulu sempat pernah menjadi pemain besar yang ikut meramaikan persaingan VGA. Namun semakil usang persaingan menyebabkan NVIDIA dan ATI menjadi dua pemain utama yang mendominasi dunia graphic card. Video Logic kini hanya berfokus pada komponen chipset graphic untuk smartphone atau GPU. PowerVR salah satu merek dari Video Logic tidak diproduksi sendiri oleh Power Logic> Mereka hanya menciptakan blueprint arsitektur chipset grafis yang lalu lisesnsi untuk memproduksi dijual kepada beberapa perusahaan pembuat chipset terkemuka ibarat Intel, NEC dan lain-lain.

3. NVIDIA Tegra / GeForce ULP
GeForce ULP (Ultra Low Power) merupakan GPU Android yang diproduksi oleh NVIDIA. GeForce ULP merupakan System on Chip (SOC) dari NVIDIA Tegra 2.

4. MALI
GPU Android MALI merupakan GPU deengan arsitektur buatan ARM. Nama Mali masih jarang terdengar digunakan oleh perangkat smartphone. Namun sebetulnya Mali sudah mempunyai reputasi yang sangat baik untuk produk-produk chip grafis yang digunakan pada perangkat/ gadget non-smartphone ibarat HDTV hingga console game populer PlayStation 3. Khusus untuk smarphone, seri yang digunakan yaitu Mali 400MP4 (MP yaitu indikator core yang digunakan). GPU ini merupakan bab dari SOC Exynos dualcore CPU 1.2ghz A9 milik Samsung Galaxy S II. Kabarnya Mali 400MP4 ini bisa merender hampir setara PS3 maupun Xbox 360.

Lalu mana GPU Android terbaik?
Agak sulit nampaknya untuk menyampaikan mana GPU Android yang terbaik bersadarkan satu kategori yang sama. Masing-masing GPU Android di atas tadi mempunyai cara atau metode masing-masing dalam melaksanakan pengolahan grafis sebuah perangkat smartphone Android. Setiap seri GPU mempunyai kelebihan dan kelemahan yang terkait dekat dengan system on chip (SOC) yang dipakainya. Namun Androbana menemukan sebuah situs yang menyajikan hasil benchmark dari banyak sekali macam GPU Android. Dari hasil benchmark tersebut diketahui bahwa Adreno 330 merupakan GPU dengan kinerja terbaik hingga dengan dikala ini

Sedikit tips untuk mengetahui GPU apa yang ada pada smartphone Android sobat, sahabat sanggup melihatnya dengan meng-install aplikasi benchmark ibarat Quadrant Standart atau Antutu juga bisa. Demikian pembahasan kami wacana macam-macam GPU Android yang paling banyak digunakan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Macam-Macam Gpu Android"

Posting Komentar