Alamat Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dan Ulasan Tahapan Perkembangan Anak Hingga 5 Tahun




Tahapan tumbuh kembang anak tentu berbeda-beda tergantung pada kemampuan umum, kemampuan menengah dan kemampuan tinggi. Perkembangan ini tentu didukung oleh orangtua dalam mendampingi anak. Dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak sebaiknya dibarengi dengan makanan dan kegiatan yang sehat supaya anak lebih aktif. Ibu juga dapat membekali dirinya dengan beragam informasi dengan konsultasi di alamat rumah sakit Hasan Sadikin Bandung .

Berikut adalah perkembangan anak usia 0-6 bulan diantaranya:

  • Pertumbuhan fisik, berat badan menjadi 2 kali berat badan saat lahir ketika berumur 5 bulan. Berat bayi saat 0-6 bulan setiap minggu akan bertambah 140-200 gram dengan tinggi bertambah kurang lebih 2,5cm per bulan.
  • Perkembangan motorik, sudah mulai menggenggam tidak kuat kecenderungan tangan ke mulut, tangan tidak mengepal setiap saat, mampu melihat objek diatasnya, bayi sering mengguling, dapat menahan berat saat duduk dan mulai mengambil benda tetapi sedang lepas.
  • Perkembangan bahasa, mampu bermain dengan suara tenggorokan dan mulai belajar vokal, pada umur 3-6 bulan bayi akan mencari asal suara dalam ruangan dan mengarahkan pandangan kepada arah suara.
  • Perkembangan kognitif, memiliki refleks dan tingkah laku halus, mulai mengulang gerakan yang menyenangkan dan bayi mulai mengenali objek yang lama dan keterampilannya akan bertambah.

Saat umur 6-12 bulan dengan pertumbuhan tiga kali dari berat badan bayi waktu lahir dalam satu tahun dan tinggi bertambah 50% pada akhir pertumbuhan pertama. Bayi mulai memindahkan objek dari satu tangan ke tangan yang lain dan berdiri dengan bantuan, dapat duduk tanpa bantuan. Bayi dapat berteriak, tertawa dan menikmati suaranya sendiri. Bayi dapat meniru suara dan gerakan tangan sederhana dan sudah mulai bermain dengan orang lain dan mendapatkan kesenangan yang berhubungan dengan orang lain.

Berikut adalah perkembangan 1-3 tahun diantaranya:

  • Pertumbuhan fisik, meningkat 4 kali saat umur 2,5 tahun dan tinggi badan bertambah 50% dari tinggi umur 1 tahun untuk tahun keduanya.
  • Perkembangan motorik, sudah mulai berdiri sendiri, berjalan dengan tegak, dapat minum dengan cangkir, sudah dapat duduk pada kursi kecil, menggunakan sendok tanpa jatuh dan mampu memegang pensil dengan baik.
  • Perkembangan bahasa, suara lebih keras, mampu mengulang kata-kata, menggunakan langsung contoh kalimat, menyebutkan nama lengkap dan lebih aktif bertanya dan berbicara.
  • Perkembangan kognitif, bermain dengan imajinasi sendiri, meletakkan kedua kakinya sambil melompat, sudah mulai terlihat sifat perempuan dan laki-laki dalam segi berperilaku.

Tahapan tumbuh kembang anak umur 4-5 tahun sudah mampu melompat dengan satu kaki dan menari, menggambar orang berdiri dari kepala, lengan dan badan. Mampu menggambar segi empat dan segitiga, bicara dengan baik dan menghitung jari-jarinya. Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu dan mengenal minimal 4 warna serta membedakan besar dan kecil. Ketika memasuki usia 5 tahun maka terdapat perkembangan fisik dengan pandangan sudah tajam, memiliki gigi permanen, koordinasi tubuh lebih meningkat, berpakaian dan menggunakan sapu sendiri dan lebih mahir menggunakan toilet walaupun dalam beberapa kasus mengompol.

Memasuki usia 5 tahun anak mulai mengenali kemampuan emosional dan sosial yang ditandai dengan anak sedang bermain dengan orang lain. Anak dapat melanggar aturan, bernyanyi bahkan dapat dituruti namun tetap dapat bersikap kooperatif. Anak juga sudah mampu menunjukkan rasa tanggung jawab dan makin sadar akan jenis kelaminnya. Dengan mengetahui alamat rumah sakit Hasan Sadikin Bandung untuk konsultasi dengan dokter anak di Jl. Pasteur Nomor 38 Kecamatan Sukajadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alamat Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dan Ulasan Tahapan Perkembangan Anak Hingga 5 Tahun"

Posting Komentar