Belum Pernah Sewa Apartemen? Begini Tips dan Pasaran Harganya

Belum Pernah Sewa Apartemen? Begini Tips dan Pasaran Harganya

Apartemen menjadi hunian yang banyak diminati, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Bagi beberapa orang, urusan apartemen merupakan hal yang baru. Banyak yang menginginkan untuk menyewa apartemen namun merasa ragu karena belum begitu memahaminya. Apakah Anda termasuk orang yang ingin menyewa apartemen? Mari kita bahas hal ini lebih lanjut. Dengan begitu, Anda bisa menyewa apartemen dengan harga murah namun sesuai dengan yang dibutuhkan.

6 Tips Menyewa Apartemen Bagi Pemula

Simak informasi mengenai tips-tips dalam menyewa apartemen berikut ini.

1. Ketahui tipe apartemen

Pertama yang harus Anda pahami adalah mengenai tipe apartemen yang Anda butuhkan. Pelajari tipe-tipe apartemen yang ada dan pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh adalah Anda ingin tinggal sendiri di apartemen, maka bisa memilih tipe studio. Tipe ini sesuai bagi anak muda yang menginginkan fasilitas lebih dari sekedar kamar kos. Ukuran tipe studio tidak terlalu luas serta lebih murah daripada yang lain.

Jika memungkinkan, pikirkan mengani fasilitas yang tidak dibutuhkan. Jangan membuang-buang uang untuk membayar fasilitas yang tidak Anda butuhkan. Sebagai contoh adalah ruangan gym atau tempat lainnya.

2. Menentukan lokasi 

Sebelum mencari apartemen untuk disewa, pastikan menemukan lokasi terlebih dahulu. Pilihlah lokasi yang aman dan nyaman. Lokasi yang aman dan nyaman biasanya dekat dengan fasilitas public dan mudah diakses.

Perlu diketahui bahwa lokasi bisa menentukan harga apartemen. Jadi diharapkan Anda memiliki banyak referensi dan membandingkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan.

3. Mencari informasi melalui internet

Setelah mengetahui tipe apartemen dan lokasi yang diinginkan, segeralah cari informasi lebih lanjut melalui internet. Kini, banyak situs penyedia informasi apartemen siap huni yang bisa digunakan untuk membantu menemukan apartemen yang cocok.

Ketika mencari informasinya, jangan lupa untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Situs-situs layanan properti biasanya menyediakan informasi lengkap mulai dari lokasi, harga dan fasilitas yang akan didapatkan. Baca dan cermati informasi yang tertera. Jika memungkinkan, buat daftar apartemen yang masuk kriteria, lalu bandingkan.

4. Lakukan survey

Survey sangat penting dilakukan karena tidak semua yang ditampilkan di internet adalah kebenaran. Jangan menilai apartemen sebelum melakukan survey secara langsung.

Anda harus secara langsung meninjau apartemen untuk melihat fasilitas yang ada. Hal ini akan membantu Anda untuk memutuskan apakah apartemen tersebut masuk dalam daftar apartemen yang dicari atau tidak. Jangan lupa untuk membandingkan apartemen satu dengan yang lainnya untuk menemukan yang terbaik.

Meninjau secara langsung juga akan membuat Anda melihat bagaimana lingkungan di sekitar apartemen yang akan disewa. Sebelum melakukan survey, pastikan menghubungi developer atau marketing yang bersangkutan.

Ketika survey berlangsung, pihak marketing atau agen akan menemani dan berharap Anda akan menyukai fitur atau fasilitas yang ditawakan. Ketika ini berlangsung, sebaiknya Anda menyampaikan perbandingan dengan apartemen lain dengan harapan mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Mempertimbangkan harga

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan harga. Ketika melakukan survey secara langsung, maka Anda bisa melihat dan bertanya mengenai fasilitas yang ditawarkan.

Dari sini, anda bisa melihat apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas yang di dapatkan. Jika sesuai, maka tambahkan ke dalam daftar apartemen yang akan disewa.

6. Evaluasi daftar

Tips terakhir adalah mengevaluasi daftar apartemen. Untuk memutuskan apartemen yang akan disewa, pastikan mempertimbangkan beberapa hal. Tipe, fasilitas, lokasi, harga, perawatan dan sistem pembayaran bisa menjadi dasar pertimbangan Anda.

Pilih apartemen yang paling mendekati dengan kriteria yang dibutuhkan. Perlu diingat bahwa memilih apartemen haruslah yang sesuai dengan kebutuhan kita. Menyadari hal ini akan mengurangi fasilitas yang tidak dibutuhkan sehingga biayanya akan menjadi lebih murah. Dengan demikian, Anda akan dengan mudah mendapatkan apartemen yang sesuai.

Jika merasa perlu bertanya, tanyakan pada agen-agen marketing atau pada kolega yang paham mengenai hal penyewaan apartemen. Pastikan hanya bertanya kepada agen terpercaya dengan reputasi yang cukup bagus.

Terkadang, menentukan harga apartemen menjadi sesuatu yang membingungkan. Beberapa pendatang baru yang belum memahami apartemen biasanya tidak mengetahui harga sewa apartemen. Jika tidak memahami harga pemasarannya, maka akan cukup kebingungan dalam membandingkan apartemen yang masuk ke dalam daftar yang akan disewa.

Berikut ini merupakan informasi tambahan mengenai kisaran harga sewa apartemen. Informasi ini diharapkan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai pasaran harga apartemen.

Informasi Harga Apartemen  

Harga sewa setiap apartemen berbeda-beda. Faktor utamanya adalah tipe apartemen, fasilitas dan lokasi. Di kota besar seperti Jakarta, lokasi sangat menentukan harga apartemen.
Sebagai contoh adalah di daerah Jakarta Selatan. Di kawasan ini, harga sewa paling murah adalah sekitar RP 2,500,000 setiap bulannya. Untuk jenis apartemen yang paling bagus dan lengkap yang berada di bawah naungan pengembang dengan reputasi bagus, harganya bisa mencapai Rp 7-8 juta setiap bulannya.

Harga pemasaran apartemen di daerah Jakarta Utara pun sudah berbeda lagi. Kawasan Jakarta Utara sebagai kota yang cukup sibuk membanderol penyewaan apartemen setiap bulannya dengan kisaran Rp 3,000,000 hingga Rp 6,000,000 setiap bulannya. Untuk sewa tahunan, harga yang ditawarkan jauh lebih murah, yaitu hanya kisaran Rp 30an juta setiap tahunnya.

Sedangkan untuk daerah Jakarta Pusat yang lebih banyak digandrungi keluarga dengan anak-anak di dalamnya, harga sewa jauh lebih mahal. Kisaran harga normal apartemen mencapai angka Rp 4,000,000 per bulannya. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh fasilitas tambahan dan lokasi yang dekat dengan fasilitas publik. Semakin strategis, maka semakin mahal.

Informasi harga di atas merupakan kisaran harga sewa apartemen untuk saat ini dan berlaku di Jakarta. Anda mungkin mendapatkan harga yang lebih murah atau lebih mahal tergantung tipe apartemen dan fasilitas di dalamnya. Meskipun apartemen ada di dalam satu wilayah atau bahkan satu bangunan, namun harga sewanya bisa berbeda.

Sebagai contoh, harga sewa apartemen studio berkisar antara Rp 3,500,000 di daerah Jakarta Selatan. Akan tetapi, Anda bisa menemukan apartemen tipe serupa di daerah yang sama dengan harga sewa yang jauh lebih murah karena fasilitasnya tidak begitu lengkap. Perbedaan harga seperti ini tidak hanya dipengaruhi oleh fasilitas, namun beberapa hal lainnya. Antara lain meliputi, pemandangan yang ditawarkan kamar, ketinggian apartemen dan lokasi apartemen.

Bagaimana harga sewa apartemen di kota-kota besar lainnya? Harga sewa apartemen lain di kota-kota besar seperti Surabaya, Bali, maupun Medan sebenarnya relatif lebih rendah. Alasannya adalah perbedaan biaya hidup antar kota.

Namun semuanya kembali lagi kepada kebutuhan Anda. Jika merupakan orang sibuk, Anda mungkin tidak terlalu membutuhkan fasilitas tambahan yang biasa dijumpai di penyewaan apartemen pada umumnya. Terlebih jika tidak mementingkan pemandangan dari apartemen maupun lantai apartemen. Pilihan seperti ini akan menghemat pengeluaran Anda karena biaya sewa apartemen yang dikeluarkan jauh lebih murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belum Pernah Sewa Apartemen? Begini Tips dan Pasaran Harganya"

Posting Komentar