8 Barang Wajib di Tas Carrier saat Dibawa Naik Gunung

8 Barang Wajib di Tas Carrier saat Dibawa Naik Gunung

Apakah Anda suka naik gunung? Saat melihat matahari terbit di atas puncak gunung, segala kelelahan setelah mendaki jadi sirna. Anda bisa menikmati sunrise sambil bercengkrama bersama sahabat. Setelah mendaki satu gunung, Anda ingin menaklukkan gunung berikutnya sambil membawa tas carrier. Ini bawaan wajib saat naik gunung.


1. Tenda

Saat menginap di gunung, tentu Anda butuh tenda sebagai tempat tidur. Pilih tenda sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda naik gunung beramai-ramai, tentu butuh tenda berkapasitas 4 atau 6 orang. Pilih tenda yang kokoh dan bahannya cukup tebal. Sehingga melindungi Anda dari dinginnya udara di gunung.

2. Sleeping Bag

Walau Anda sudah tidur di dalam tenda, namun kadang masih merasa kedinginan. Bawalah sleeping bag sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman di dalam tenda. Ada berbagai varian sleeping bag yang dijual di toko. Pilih yang bahannya cukup tebal dan ukurannya sesuai dengan postur tubuh Anda.

3. Kompor Mini dan Peralatan Masak

Setelah sampai di puncak gunung, apa Anda ingin merayakannya dengan minum kopi bersama teman-teman? Bawalah kompor mini khusus untuk pendaki gunung, sehingga Anda bisa merebus air dan memasak sarapan. Anda bisa memilih kompor mini berbahan bakar gas portable atau  kompor mini berbahan bakar spirtus.

Bawa juga peralatan masak sederhana seperti panci mini. Anda bisa menyeduh kopi atau teh dengan air yang direbus dari panci, lalu memasak mie kuah. Jangan membawa panci atau wajan konvensional yang berukuran besar, karena hanya akan membuat tas Anda makin berat.

4. Peralatan Makan, Makanan, dan Minuman

Setelah masak, Anda juga butuh peralatan makan sebagai wadah makanan. Bawalah piring atau mangkuk plastik dan gelas plastik. Peralatan makan plastik bahannya ringan, sehingga tidak akan membuat tas carrier Anda makin berat. Bawa juga makanan yang mudah dimasak di gunung, seperti roti atau mie instan. Lengkapi dengan kopi atau susu sachet.

5. Baju Ganti

Setelah mendaki gunung, tentu baju Anda akan basah karena keringat. Bawalah 2 atau 3 buah baju ganti, tergantung dari durasi Anda saat mendaki. Jangan membawa terlalu banyak pakaian, karena hanya Akan membuat tas Anda terlalu penuh. Pilih baju ganti yang ringan dan menyerap keringat, seperti kaos.

6. Korek Api

Anda tentu butuh korek api untuk menyalakan kompor mini berbahan bakar spirtus. Korek api juga wajib dibawa jika Anda ingin membuat api unggun untuk menghangatkan badan. Bawalah dua kotak korek api ekstra untuk cadangan. Jangan lupa untuk mematikan korek api sampai nyala apinya benar-benar hilang. Agar tidak terjadi kebakaran di atas gunung.

7. Senter dan Headlamp

Senter dan headlamp digunakan sebagai alat penerang saat Anda mendaki gunung di malam hari. Sehingga Anda bisa melihat medan dengan jelas. Bawalah dua baterai cadangan untuk senter, sehingga Anda tidak takut saat kehabisan baterai. Anda bisa memilih untuk membawa headlamp dan senter, atau hanya salah satunya.

8. Trekking Pole dan Tali

Saat Anda harus mendaki di area yang curam, gunakan trekking pole untuk tumpuan. Tongkat ini panjangnya bisa disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Jangan takut untuk membawa trekking pole, walau ukurannya cukup panjang, tapi sangat berguna. Bawa juga seutas tali tampar untuk berjaga-jaga.

Saat akan naik gunung, Anda tentu akan membawa tenda dan peralatan untuk naik gunung lain dalam tas carrier. Pilih tenda, sleeping bag, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terlalu banyak membawa barang, misalnya selusin baju ganti yang lengkap dengan sepatu berwarna senada. Selamat naik gunung dan menikmati kesejukannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Barang Wajib di Tas Carrier saat Dibawa Naik Gunung"

Posting Komentar