Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Kegunaan dan Macam-macam Terapi Pasca Stroke

hellosehat.com

Stroke  merupakan penyakit yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah. Stroke juga dapat terjadi akibat aliran darah ke bagian otak terhalang oleh darah yang membeku. Orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, yang bisa berupa gangguan dalam berbicara, mengingat, bergerak, dan lain sebagainya. Mengembalikan kemampuan tubuh setelah terserang stroke merupakan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan komitmen. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk penyembuhan seseorang pasca terkena stroke adalah dengan menggunakan layanan fisioterapi datang ke rumah. Layanan ini sangat sesuai digunakan bagi para penderita stroke yang notabene kesulitan dalam mobilisasi menuju tempat terapi. Penasaran dengan layanan ini? Anda dapat mengunjungi situs https://homecare24.id/layanan/fisioterapi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini.

Kegunaan Terapi Pasca Stroke

halodoc.com
Melansir Alodokter, terapi pasca terapi atau yang dikenal degan rehabilitasi bertujuan untuk membantu pasien stroke mempelajari kembali kemampuan atau keterampilan fisik yang hilang, sekaligus meningkatkan kualitas hidupnya. Terapi stroke juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus sesuai anjuran dari dokter ataupun fisioterapis. Sehingga, pemberian terapinya pun disesuaikan dengan kondisi pasien penderita stroke tersebut.

Macam-macam Terapi Pasca Stroke

Terapi Memori

 
klikdokter.com
Penyakit stroke biasanya menyebabkan memori seseorang menghilang. Ingatan yang hilang pada penderita stroke dapat dikembalikan dengan melakukan terapi memori, seperti menstimulasi otak dengan permainan mengasah otak, berbicara dengan keluarga dan teman, mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi otak seperti asam lemak omega-3, dan lain sebagainya. Terapi ini dapat dilakukan sendiri oleh para penderita dengan bantuan dari keluarga terdekat. Akan tetapi, alangkah baiknya jika terapi tersebut dilakukan rutin bersama dengan fisioterapis.

Terapi Gerakan

k24klik.com
Terapi gerakan merupakan sebuah terapi yang sangat penting untuk para penderita stroke. Terapi seperti berlatih menggerakkan tubuh, mengangkat beban, dan lain sebagainya ini dapat membantu para penderita stroke kembali bisa berjalan. Intensitas terapi ini tentunya dilihat dari seberapa parah penderita stroke tersebut dan tentu saja harus sembari didampingi oleh fisioterapis.

Terapi Bicara


health.detik.com
Gangguan berbicara merupakan salah satu dampak yang dapat terjadi pada seseorang yang terkena stroke. Dengan terapi bicara, pasien akan dilatih menggunakan otot lidah oleh fisioterapis. Terapi ini dapat berupa latihan menelan, mengucapkan kata, dan lain sebagainya.
Demikian informasi mengenai terapi pasca stroke yang perlu Anda ketahui.Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Kegunaan dan Macam-macam Terapi Pasca Stroke"

Posting Komentar